Kenalan Yuk Sama Musuh Bebuyutan Manusia Satu Ini!


Assalamu’alaikum warahmatullah hi wabarakatuh, Semuanya!
Kali ini saya mau ngajak Teman-teman berkenalan dengan musuh bebuyutan kita selama ini. Semoga dengan mengenalinya lebih jauh, kita bisa senantiasa waspada terhadap cara-cara liciknya dalam menjerumuskan manusia. Amiin ya robbal ‘alamiin.. Yukkk, cap cus!



I.      MUSUH BEBUYUTAN

Sudahkan Kawan-kawan tahu, siapa musuh bebuyutan yang saya maksudkan di sini? Yak, benar! Dia lah iblis laknatullah. Sudah banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang menerangkan bahwa Iblis dan syaiton adalah musuh yang nyata bagi kita umat manusia!
Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu", (QS. Yaasin, 36:60)
“Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Az-Zukhruf, 43:62)

Bahkan Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan kita semua.
“Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,” (QS. Shaad, 38:82)
“Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,” (QS. Al-A’raaf, 7:16)


II.   NAMA-NAMA IBLIS BESERTA TUGASNYA

Sebenarnya, jenis iblis yang menyesatkan manusia dari jalan Allah itu banyak sekali. Setiap dari mereka mempunyai keahlian khusus dan punya banyak cara untuk melancarkan serangannya kepada manusia. Dan berikut adalah nama-nama iblis beserta tugasnya yang ditilik dari keterangan Umar bin Khatab r.a yang dibagi atas 9 (sembilan) bagian :

1.      Iblis Zailatun
Tugas daripada iblis ini adalah menjerumuskan para pedagang untuk menyimpang dan melakukan kecurangan dalam aqad jual-beli seperti berdusta, berbuat curang dengan mengurangi timbangan, membuat rusuh, dan lain sebagainya, dengan asalan agar mendapatkan banyak keuntungan dan cepat kaya.

Hal ini tentu sangat bertentangan dengan syariat Islam, menanamkan jiwa gila materi yang menghalalkan segala cara, membentuk pribadi yang egois dan materialis yang dapat menghancurkan tatanan ekonomi masyarakat. Dengan melakukan praktik curang dalam perdagangan, tidak hanya orang lain yang dirugikan namun pelakunya sendiri akan menerima adzab yang berat dari Allah. Hal ini dijelaskan Rasulullah saw. dalam sabdanya yang diriwayatkan dari Abu Dzar r.a:
Ada tiga orang dimana Allah tidak akan melihat mereka pada hari kiamat (tidak memberikan rahmat), tidak membersihkan dosa mereka, dan mereka (juga) akan mendapat siksaan yang amat pedih.” Abu Dzar ra berkata : "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan (hal tersebut) sampai tiga kali. Aku berkata, “Mereka akan menyesal dan merugi, siapa mereka itu Ya Rasulullah?” Lalu beliau bersabda, Orang yang menurunkan kain­nya (hingga menutupi kedua mata kakinya), orang yang suka mengungkit-ungkit pemberiannya, dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.” (HR. Muslim)
Sedangkan dalam Al-Qur’an sendiri telah diterangkan,
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka mengurangi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. Tidakkah orang-orang itu menyangka, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan. Pada suatu hari yang besar (Yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan." (QS. Al-Muthaffifiin :1-6)

2.      Iblis Wawatsin
Ini nih sepertinya salah satu iblis yang sulit banget menghadapainya, apalagi saat kita ditimpa musibah. Pasalnya Iblis Wawatsin ini lah iblis yang menjerumuskan manusia untuk terus menggerutu, tidak sabar, dan tidak ikhlas dalam menghadapi cobaan yang Allah berikan.

Padahal Allah telah memerintahkan kepada kita untuk bersabar dalam setiap cobaan yang diberikan kepada kita dan bahwasanya di setiap musibah pasti ada hikmah yang tersembunyi.
“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Al-Mu’min, 40:55)

Rasulullah juga telah bersabda, "Tidak termasuk umat kami yang sempurna orang yang menampari pipinya sendiri (ketika menerima musibah), merobek-robek leher bajunya sendiri dan meratapi mayat, sebagaimana kebiasaan orang-orang jahiliyah". (HR. Bukhari dan Muslim)

Kita tak perlu khawatir terhadap cobaan yang Allah berikan kepada kita karena Allah telah berjanji akan memberikan kemudahan di akhir cobaan bila kita mau bersabar.
“…….Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. Ath Thaalaq, 65:7)

Oleh karena itu teman-temanku semua, mari kita belajar untuk selalu bersabar disetiap cobaan yang diberikan oleh Allah SWT karena sesungguhnya ujian itu lah yang akan mengangkat derajat kita dan merupakan bukti cinta Allah kepada kita seperti sabda Rasulullah, “Jika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka Ia akan mengujinya.”

3.      Iblis Akwan
Iblis ini mempengaruhi manusia untuk berbuat dzalim, amar munkar nahi ma’ruf. Hal-hal yang buruk dibungkus dengan keindahan sehingga hawa nafsu kita menurutinya dengan mudah seperti firman Allah dalam QS. An-Nahl, 16:63 ini :
"... tetapi setan (Iblis) menjadikan umat-umat itu memandang baik perbutan mereka (yang buruk), maka setan menjadi pemimpin mereka di hari itu dan bagi mereka adzab yang sangat pedih.”

Sebagai remaja misalnya, hal-hal yang bertentangan dengan syariat islam seperti berbusana ketat dan membuka aurat, menyanyikan lagu-lagu duniawi, dan lain sebagainya ditampakkan baik dengan alasan mengikuti perkembangan jaman, biar nggak dianggap cupu, dan lain-lain. Sedangkan bagi para pemimpin, mereka akan dihasut untuk mendzalimi rakyatnya, KKN, merampask hak rakyat, haus kekuasaan, dsb. Padahal ancaman dari Allah atas perbuatan dzalim sudah lah sangat jelas tertuang dalam QS. Asy-Syuura, 42:42.
"Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat dzalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat adzab yang pedih".

4.      Iblis Hafaf
Bagi orang yang suka mabuk-mabukkan dan minum-minuman keras, mereka lah orang-orang yang berhasil terbujuk rayuan Iblis Hafaf. Pada saat mabuk ini lah manusia akan kehilangan kendali atas dirinya dan terambil alih oleh iblis Hafaf sehingga ia akan melakukan kemaksiatan yang lain seperti membunuh, berzina, berbuat aniaya, dan sebagainya.

Oleh karena itu khamr diharamkan dan sebagai umat muslim kita dilarang keras untuk mengkonsumsinya seperti yang tertera dalam ayat suci Al-Qur’an dan hadits Rasulullah saw. berikut :
“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (QS. Al-Maa’idah, 5:91)
Rasulullah bersabda, "Jauhilah khamer, sesungguhnya khamer itu adalah sumber segala kejahatan (kemaksiatan)”

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas r.a,  Rasulullah saw. melaknati sepuluh orang karena khamr, yaitu :
a.       Orangyang memeras bahan khamer.
b.       Orang yang minta diperaskan bahan khamer untuk diminumkan kepada orang lain.
c.        Orang yang minum khamer
d.       Orang yang membawa khamer
e.        Orang yang dituju untuk dibawakan khamer kepadanya.
f.        Orang yang menuangkan khamer ke gelas atau lainnya.
g.        Orang yang menjual khamer.
h.       Orang yang memakan harta hasil penjualan khamer.
i.         Orang yang membeli khamer.
j.         Orang yang dibelikan khamer.
(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

5.      Iblis Wamurah
Iblis satu ini juga sangat berjaya di jaman sekarang. Pasalnya, iblis inilah yang menghasut manusia untuk mendendangkan lagu yang penuh maksiat, tanpa etika, menyanjung-nyanjung duniawi, dan menyekutukan Allah dengan lirik pujaan-pujaan kepada manusia, juga menjerumuskan para penyayi agar berpenampilan seronok yang mengundang nafsu-birahi, memperlihatkan aurat mereka, dan bertingkah polah seperti binatang. Padahal nyanyian dan biduanita merupakan senjata ampuh bagi setan untuk menjerumuskan manusia. Banyak orang yang bermaksiat karena terpengaruh oleh syair dan berperilaku menyimpang dari syariat islam karena menjadikan artis yang senang berbuat munkar dan maksiat sebagai contoh hidup mereka.

Rasulullah bersabda, “Nanti pasti ada beberapa kelompok dari umatku yang menganggap bahwa zina,sutra, arak, dan musik hukumnya halal (padahal semua itu hukumnya haram).” (HR. Al-Bukhari dan Abu Daud)

Oleh karena itu Saudaraku, mari kita tanamkan aqidah dan akhlak mulia untuk menggenpur hasutan Iblis Wamurah. Semua Allah senantiasa melindungi kita daripada kejahatan iblis lakanatullah. Amiin….

6.      Iblis Laqwas
Iblis Laqwas menghasut manusia untuk tetap berada dalam kekafiran, kemusyrikan, dan bertuhan kepada selain Allah dengan terus menyembah berhala, mencari pesugihan, memelihara tuyul, dan lain sebagainya. Terkadang iblis ini berubah bentuk menjadi syekh yang muncul tiba-tiba dan mengajak manusia untuk mengikuti sarannya yang mengarah pada pemurtadan sehingga orang yang lemah imannya akan begitu mudahnya tergelincir ke jurang kemusyrikan.

Oleh karena itu Allah memperingatkan kepada kita untuk senantiasa berlindung diri daripada hasutan syaitan yang terkutuk sebagaimana firmannya dalam QS. Al-A’raaf, 7:27 :
"Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu-bapakmu dari surga.”

Semoga Allah senantiasa melindungi kita, amiin….

7.      Iblis A’war
Di jaman modern sekarang, Iblis A’war  juga mengalami kejayaan luar biasa karena iblis inilah yang menghasut laki-laki dan perempuan untuk bergaul menyimpang dari syariat islam seperti pacaran, berzina mata-telinga-tangan-kaki-hati, dan lain-lain. Dan untuk melancarkan serangannya ini, ia sering memanfaatkan ‘pandangan mata’ untuk membakar nafsu laki-laki dan perempuan untuk bermaksiat.

Mujahid berkata, Ketika wanita itu meng­hadap, maka Iblis duduk di kepalanya untuk menghiasi wajah wanita tersebut agar tampak menarik bagi orang yang melihatnya, dan jika wanita itu berpaling ke belakang, maka Iblis duduk di pantatnya untuk meng­hiasi pantat tersebut agar tampak menarik bagi orang yang melihatnya.”

Nabi Yahya as pernah ditanya: "Apa yang menjadi penyebab perzinaan?" Nabi Yahya as menjawab, "Yang menjadi penyebabnya adalah memandang wanita, lalu timbul dalam hati keinginan untuk berzina dengan­nya. Zina mata itu termasuk dosa kecil, dan hal ini dapat mendekat­kan pada perbuatan dosa besar, yaitu zina farji. Oleh karena itu, barangsiapa yang tidak mampu menundukkan pandangannya, maka niscaya ia tidak akan mampu menjaga farjinya". Demikian jawaban Nabi Yahya as ­terhadap penanya tadi.

Nabi Isa as pernah berkata, 'Takutlah kamu memandang (wanita), karena sesungguh­nya memandang itu dapat menumbuhkan syahwat di dalam hati dan ini sudah cukup mendatangkan fitnah."

Maka dari itulah Kawan-kawanku, mari kita belajar untuk menundukkan pandangan agar terhidar dari hasutan Iblis A’war untuk berbuat zina dan maksiat.

Selain menggoda laki-laki dan perempuan berbuat zina, iblis A’war juga mengencingi orang agar malas bangun untuk beribadah. Silakan cermati kisah dari sahabat Rasulullah ini.
Mereka menceritakan kepada Nabi saw. bahwa seorang laki-laki tidur sepanjang malam hingga dia tidak melaksanakan shalat Subuh. Dia bangun ketika matahari sudah tinggi. Maka Rasulullah bersabda, "Inilah orang yang Setan telah mengencingi telinganya." Setan kencing dalam telinganya. "Orang itu kotor, seluruh harinya kotor!"

8.      Iblis Al-Wasnan
Di jaman yang semakin rusak ini banyak kita temuai orang-orang yang malas beribadah namun senang bermaksiat. Merekalah yang menjadi pengikut Iblis Al-Wasnan yang bertugas untuk menjerumuskan manusia menjadi ahli maksiat bahkan sampai menanggalkan aqidahnya disebabkan malasnya ia dalam beribadah. Padahal Allah telah berfirman dalam QS. Al-An’am, 6:142 yang artinya, "Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”

Oleh karena itu, orang-orang yang malas beribadah, senang berbuat munkar, maka sesungguhnya ia telah berkawan dengan iblis. Naudzubillah hi mindzalik….

9.      Iblis Dasim
Perselingkuhan dan perceraian bukan lah hal yang asing lagi di jaman sekarang, bahkan sepertinya sudah menjadi trend bagi artis-artis di negara kita yang juga melanda masyarakat awam. Ini merupakan buah karya dari usaha Iblis Dasim untuk mempengaruhi dan mendorong suami-istri untuk melakukan penyelewengan sehingga rumah tangganya tidak akan harmonis, jauh dari kebahagiaan yang akhirnya berujung perceraian.

Dengan perceraian maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk berbuat zina dan kemaksiatan lainnya karena ia tak punya tempat untuk menyalurkan kebutuhan biologisnya secara halal. Oleh karena itu, Iblis sangat membenci keluarga yang harmonis, rukun, damai, dan sejahtera sebab keluarga yang seperti inilah yang akan mendapat curahan rahmat dan berkah dari Allah SWT.


III.           PENUTUP
Itulah nama-nama Iblis yang dikatakan oleh Umar bin Khathab yang bertugas menye­satkan manusia untuk dijerumuskan ke dalam kefasikan, kemaksiatan, kemusyrikan dan keku­furan, yang nanti menjadi temannya di dalam neraka. Semoga Allah menjauhkan dan menyela­matkan kita dari segala tipu daya Iblis ini. Amiin amiin ya robbal ‘alamiin….


4 Response to "Kenalan Yuk Sama Musuh Bebuyutan Manusia Satu Ini!"

  1. la tahzan says:
    Kamis, Mei 13, 2010 6:12:00 AM

    Subhanallah.. Ternyata iblis ada jenisnya juga.. Thx infonya..

  2. Nduk Tea says:
    Minggu, Mei 16, 2010 9:16:00 AM

    yap, sama-sama...

  3. Oby Syam says:
    Jumat, Mei 21, 2010 9:52:00 PM

    :D
    itu mugtea yg nulis sendiri???

    hebat... :D

  4. Nduk Tea says:
    Rabu, Juni 02, 2010 11:32:00 AM

    hehehhe,,, iya.
    makasih bang oby... :)

Posting Komentar

Bang Alaf beli tawas, mohon maaf bila tak sempat balas :)

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "